RUMAH MAKAN NASI AYAM BETUTU DAN BABI GULING BATUBULAN DI BATUBULAN, GIANYAR, BALI

Betutu adalah lauk yang terbuat dari ayam atau bebek yang utuh yang berisi bumbu, kemudian dipanggang dalam api sekam. Betutu ini telah dikenal di seluruh kabupaten di Bali. Salah satu produsen betutu adalah desa Melinggih, kecamatam payangan kabupaten Gianyar. Ayam betutu juga merupakan makanan khas Gilimanuk. Betutu digunakan sebagai sajian pada upacara keagamaan dan upacara adat serta sebagai hidangan dan di jual. Konsumennya tidak hanya masyarakat Bali tapi juga tamu manca negara yang datang ke Bali, khususnya pada tempat-tempat tertentu seperti di hotel dan rumah makan atau restoran. Betutu tidak tahan disimpan lama.

Babi guling (di Bali disebut be guling) adalah sejenis makanan yang terbuat dari anak babi betina atau jantan yang perutnya diisikan dengan bumbu dan sayuran seperti daun ketela pohon dan lalu dipanggang sambil diputar-putar (diguling-gulingkan) sampai matang dengan ditandai dengan perubahan warna kulit menjadi kecoklatan dan renyah. Awalnya babi guling pada mulanya digunakan untuk sajian pada upacara baik upacara adat maupun upacara keagamaan, namun saat ini babi guling telah dijual sebagai hidangan baik di warung-warung, rumah makan, bahkan hotel-hotel tertentu di daerah Bali.

Tidak dipungkiri, betutu dan babi guling merupakan masakan primadona di tanah Bali ini. Maka tak heran banyak rumah makan yang menyajikan kedua menu ini sebagai menu utamanya, salah satunya rumah makan ayam betutu dan babi guling yang terletak di Desa Batubulan, Gianyar, Bali. Rumah makan ini menyajikan menu nasi ayam betutu dan juga nasi babi guling, sehingga rumah makan ini dapat dikunjungi oleh berbagai kalangan. Bagi yang tidak boleh makan masakan yang mengandung babi, disini tersedia olahan ayam yang tidak kalah enaknya.

Rumah makan sederhana ini telah berdiri sejak beberapa tahun lalu dan meskipun hanya rumah makan sederhana tetapi rumah makan ini setiap harinya selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan terutama saat makan siang. Letak rumah makan ayam betutu dan babi guling ini cukup strategis dan sangat mudah dijumpai. Rumah makan ini terletak di jalur utama jalur pariwisata, tepatnya di Jalan Raya Batubulan, Gianyar, Bali. Terlebih lagi letaknya yang persis di sebelah lapangan Batubulan yang juga merupakan ikon Desa Batubulan mengakibatkan rumah makan ini sangat mudah dicari. Harga satu porsi makanan disini berkisar Rp. 10.000,00 hingga Rp. 20.000,00.

Leave a comment

Filed under Rumah Makan

Leave a comment