TEMPAT BELAJAR BAHASA DI SUA BALI, KEMENUH, SUKAWATI

Sua Bali berlokasi di Banjar Medahan, Desa Kemenuh, Kab. Sukawati, Gianyar – Bali. Lokasi ini dapat dijangkau dengan berkendaraan sejauh 36 kilometer dari Ngurah Rai Airport, atau 21 km dari Denpasar, atau hanya 7 km dari Ubud. Kompleks wisata Sua Bali mulai dibangun pada tahun 1986. Pendiri Sua Bali ini sendiri bernama Ibu Ida Ayu Agung Mas, seorang pemerhati dan praktisi budaya Bali, yang sehari-harinya bekerja sebagai dosen di Universitas Udayana, Denpasar, Bali.

Di Sua Bali, wisatawan disuguhi suasana rumah orang Bali. Para pengunjung merasakan dan mengalami hidup selayaknya masyarakat Bali. Menginap di sini tidak seperti menginap di hotel-hotel yang ada di Pulau Bali. Bentuk penginapan yang unik dipadu dengan desain interior khas Bali. Tempat tidur yang terbuat dari bambu lengkap dengan kelambu, sebuah konsep pedesaan yang begitu kental. Dikelilingi hijaunya pepohonan serta warna-warni bunga yang tumbuh begitu menyejukkan hati. Suasana malam dengan nyanyian binatang malam, menandakan sebuah kecerian alam yang tak pernah henti.

Terdapat aula pertemuan yang berada paling tinggi dari antara ruang-ruang penginapan; sebuah tempat untuk kita santai sambil bercuap-cuap kata satu dengan yang lain. Adapun tempat yang paling sering digunakan untuk santai adalah bangunan berwarna merah. Tempat ini, selain sebagai tempat untuk belajar memasak atau dapur, terdapat sebuah meja bundar dengan beberapa bangku. Tempat inilah yang menjadi favorite para wisatawan yang berkunjung. Karena tempat ini mempunyai suasana yang sangat berbeda, kita bisa bersua sambil ditemani kue-kue kecil dan secangkir teh atau kopi hangat. Kehangatan keluarga yang begitu terasa jika kita berada tempat ini. Di bagian luar terdapat sebuah bale-bale yang juga sering digunakan untuk ngobrol sambil bermain gitar dan bernyanyi.

Yang membuat kita semakin merasa nyaman, dihargai, dan dihormati di Sua Bali adalah dimana pemilik dari tempat ini selalu menemani kita selama kita berkunjung di sana. Sangat jarang atau mungkin tidak ada tempat wisata lainnya yang jika kita berwisata atau menginap hampir seharian penuh kita ditemani oleh sang pemilik atau yang ditugaskan.

Khususnya bagi para wisatawan asing yang berkunjung ke Sua Bali, mereka mendapatkan pendidikan untuk belajar bahasa Indonesia dan juga bahasa lokal (Bahasa Bali). Seperti pola pengajaran bahasa bagi para pemula, program belajar bahasa di Sua Bali dilakukan senyaman mungkin, tanpa kesan guru-menggurui. Selain program belajar bahasa, di Sua Bali terdapat juga program memasak masakan khas Bali dan program belajar membuat kerajinan khas Bali.

Selain itu, serangkaian dengan program ini para wisatawan diajak untuk mengenal lebih dekat lagi kebudayaan masyarakat Bali yang ada di sana, termasuk yang berkaitan dengan kegiatan keagamaan. Seperti bagaimana cara penduduk Bali melakukan Ibadah di Pura. Suatu upacara keagamaan yang sangat mempesona, jika kita melihat para penduduknya yang datang beramai-ramai. Seni Tari Bali pun juga bisa kita pelajari disini.

Jadi dapat dikatakan Sua Bali bukan saja sebagai sebuah tempat penginapan dimana kita bisa merelaksasikan tubuh selama liburan kita di Bali tetapi juga tempat belajar mengenal dan belajar budaya Bali yang sudah terkenal hingga ke mancanegara.

Untuk harga penginapan di Sua Bali ini relatif murah. Unuk harga satu ruangan per malamnya dimulai dari RP. 250.000. Itu bukanlah harga yang mahal jika dibandingkan dengan semua keindahan yang ditawarkan di Sua Bali.

Leave a comment

Filed under Penginapan

Leave a comment